'Alima News

Info unik dan menarik

6 Manfaat Donor Darah untuk Kesehatan

6 Manfaat Donor Darah untuk Kesehatan - Siapa yang telah pernah mendonorkan darahnya? umumnya orang berspekulasi bila donor darah itu tak ada faedahnya serta sering banyak yang menyampaikan " Darah-darah gue saat mo di sumbangin gitu saja, jika dapet uang saya ingin! " wau cukup fantastis ya....!! walau sebenarnya donor darah banyak gunanya loh, salah satunya yaitu untuk kesehatan badan. Siapa sih yang enggak ingin sehat tersebut terdapat banyak kegunaan donor darah untuk kesehatan badan kita.

6 Manfaat Donor Darah untuk Kesehatan

1. Kurangi kemungkinan penyakit jantung
Riset tunjukkan bahwa makin tinggi kandungan zat besi di pada badan, bakal menyebabkan munculnya penyakit jantung. Zat besi ikut serta didalam sistem pembakaran cholesterol, serta ini dapat menggangu manfaat pembuluh arteri. Lakukan donor darah bakal kurangi akumulasi zat besi pada badan. Ini otomatis bakal bikin badan anda lebih sehat serta bugar. Bila anda teratur mengerjakannya, donor darah dapat kurangi kemungkinan panyakit jantung sampai 30%.

2.Tingkatkan produksi sell darah merah
Lewat sistem donor darah, sel darah merah bakal dikeluarkan dari pada badan. Untuk ganti sel darah merah yang sudah dikeluarkan itu, badan bakal menghasilkan sel darah merah baru. Ini bikin darah di pada badan anda lebih fresh, serta anda bakal terasa lebih bugar. Kerjakan sistem ini sampai sekian kali serta rasakan faedahnya.

3. Melawan hemochromatosis
hemochromatosis yaitu penyakit genetis, adalah keadaan dimana zat besi pada badan ada dalam level sanagt tinggi disebabkan metabolisme yg tidak lumrah. Keunggulan zat besi sedikit saja dapat memengaruhi manfaat badan, terlebih keunggulan dalam jumlah sangatlah besar. Ini dapat menyebabkan rusaknya fatal pada organ-organ badan. Keadaan ini memanglah tidak sering berlangsung pada, tetapi pasien dapat kurangi efek dari penyakit ini dengan teratur lakukan donor darah. Meskipun penyakit ini beresiko pagi pasien, tetapi tak untuk penerima darahnya.

4. Membakar kalori dalam badan
Donor darah dapat jadi media untuk turunkan berat tubuh. Tahukah anda bahwa dengan mendonorkan 450ml darah kita, dapat membakar sampai 650 kalori pada badan?

5. Memperoleh kesehatan psikologis
Menyumbangkan hal yg tidak ternilai harga nya pada teman dekat kita yang memerlukan bakal bikin kita rasakan kenikmatan psikologis.

6. Mendeteksi penyakit serius
Setiap kali kita mau mendonorkan darah, prosedur standarnya yaitu darah kita bakal di check terlebih dulu hingga kita dapat tahu apakah kita mempunyai penyakit serius atau tak seperti HIV, hepatitis, siphilis, malaria. Untuk yang terima darah, ini yaitu info utama agar tak tertular penyakit serius itu. Sedang untuk si pendonor, ini yaitu RAMBU PERINGATAN agar kita lebih menyukai badan kita sendiri

Tetapi tak kebanyakan orang bisa mendonorkan darahnya lantaran sebab-sebab spesifik, tersebut kriteria untuk orang yang bakal mendonorkan darahnya.

SYARAT – SYARAT PENDONOR DARAH

1. Usia pada 17 – 60 th. (di atas 60 th. atas pertimbangan dokter)

2. Memiliki berat tubuh minimum 45 kg

3. Kandungan hemogoblin minimum 12, 5g/dl

4. Desakan darah sistolik 100 – 180 mmHg serta diastolik 50 – 100 mmHg

5. Untuk penyumbang darah wanita : tak tengah haid, hamil atau menyusui

6. Tak menanggung derita penyakit jantung, hati, paru, ginjal, kencing manis, pendarahan, kejang, kanker, atau penyakit kulit kritis
0 Komentar untuk "6 Manfaat Donor Darah untuk Kesehatan"

 
Copyright © 2014 'Alima News - All Rights Reserved
Template By. Fakhrul Saepul Anwar