'Alima News

Info unik dan menarik

6 Hal Yang Bisa Merusak Telinga

6 Hal Yang Bisa Merusak Telinga - KESEHATAN telinga kerap disepelekan oleh beberapa orang. Walau sebenarnya, manfaat telinga bukanlah cuma untuk organ pendengaran. Tetapi didalam telinga juga ada saraf yang mengatur perihal system keseimbangan badan.
6 Hal Yang Bisa Merusak Telinga
Tersebut 6 hal yang bisa mengganggu manfaat telinga Anda 

1. Tak memakai penutup telinga 
Tak memakai penutup telinga saat Anda ada ditempat dengan nada yang keras bisa mengakibatkan kerusakan reseptor pendengaran yang ada didalam telinga. Bila pekerjaan menuntut Anda ada di lingkungan bertemura keras, earplug atau sumbat telinga yaitu satu keharusan. Bakal tambah baik bila pemakaian earplug ditambah dengan pemakaian earmuff yang bisa menyingkirkan nada. 

 " Didalam telinga ada bulu-bulu halus yang berperan juga sebagai reseptor nada. Nada keras bisa mengakibatkan kerusakan bulu itu, serta sayangnya bulu itu tidak bisa tumbuh kembali, " kata ahli THT (telinga, hidung, tenggorokan) dari Corsicana, Texas, Matthew Parker Branch, M. D, seperti ditulis Men's Health, Rabu (23/4). 

2. Gulat 
Berolahraga gulat profesional memanglah menarik untuk dilihat, tetapi sangatlah beresiko bila dikerjakan tanpa ada pengawasan serta kursus terlebih dulu. Salah satu bahayanya yaitu auricular hematoma, atau yang lebih di kenal dengan kuping belang (Cauliflower Ear). Kelainan ini mengakibatkan daun telinga menggembung seperti bengkak. Kelainan ini umum diketemukan pada telinga pegulat, petinju, atau pemain rugby. 

Hal semacam itu berlangsung disebabkan selaput yang memisahkan daun telinga dengan pembuluh darah di sekelilingnya rusak atau terlepas, hingga darah bisa masuk ke dalamnya. 

3. Tindikan pada daun telinga 
Hati-hati, kesukaan menindik telinga nyatanya dapat juga mengakibatkan masalah kesehatan pada telinga. Tindikan dibagian keras daun telinga bisa mengakibatkan perichondritis, infeksi serius di bagian daun telinga luar. Penyembuhan perichondritis termasuk juga mahal lantaran type obatnya cuma sedikit. 

Bila ada bercak kemerahan, bengkak atau nyeri pada daun telinga, selekasnya terlepas tindikan Anda serta periksakan diri ke dokter. 

4. Pemakaian cotton bud 
Pemakaian cotton bud untuk bersihkan telinga masih tetap popular di orang-orang. Walau sebenarnya banyak masalah infeksi yang disebabkan oleh pemakaian cotton bud. Bukan sekedar infeksi, cotton bud dapat juga mengakibatkan kerusakan gendang telinga. 

Pemakaian cotton bud bisa mengakibatkan kerusakan gendang telinga, yang bisa mengakibatkan kehilangan pendengaran permanen atau kehilangan manfaat keseimbangan. 

5. Pemakaian obat tetes 
Radang telinga luar (otitis externa) memanglah bisa sembuh dengan memakai obat tetes telinga. Tetapi janganlah sembarang beli obat tetes di apotek lantas memakainya tanpa ada panduan dokter. Bukannya pulih, obat tetes telinga dapat juga mengakibatkan tuli permanen. 

6. Menyelam 
Resiko yang ada saat menyelam atau diving tidak cuma teriris karang atau tersengat anemon beracun, tetapi juga barotrauma. Barotrauma yaitu pecahnya gendang telinga disebabkan desakan hawa. Keadaan ini umumnya diketemukan disebabkan penyelaman mendadak yang terlampau dalam. 

Batas aman saat menyelam yaitu 60 kaki atau 18 mtr. per menit. Bila dikerjakan lebih cepat dari itu, desakan hawa bisa mengakibatkan pecahnya gendang telinga. 
0 Komentar untuk "6 Hal Yang Bisa Merusak Telinga"

 
Copyright © 2014 'Alima News - All Rights Reserved
Template By. Fakhrul Saepul Anwar