'Alima News

Info unik dan menarik

10 Fakta Mengejutkan Tentang Bulan

10 Fakta Mengejutkan Tentang Bulan - Bulan yaitu " tetangga " paling dekat Bumi diluar atmosfer. Benda luar angkasa ini banyak di kenal juga sebagai lampu penerang Bumi ketika malam hari. Tetapi, sejatinya bln. tak pancarkan sinar sendiri serta sinar bln. itu datang dari pantulan sinar matahari.
10 Fakta Mengejutkan Tentang Bulan


Di bawah ini ada 10 kenyataan menarik serta mengagetkan dari bln..

1. Bagaimanakah bln. terbentuk?
Menurut suatu teori terpenting, bln. terwujud saat batu seukuran planet Mars menabrak bumi, tidak lama sesudah tata surya mulai terbentuk seputar 4, 5 miliar th. lantas.

2. Bln. terkunci di orbit
Hal yang paling menarik yaitu bumi serta bln. nyatanya keduanya sama berputar pada orbitnya, bagaimanakah itu dapat berlangsung?

Jaman dulu, dampak gravitasi Bumi yang melamban bikin perputaran bln. terus pada porosnya. Sesudah perputaran bln. melamban sesuai sama orbitnya (saat yang dibutuhkan bln. untuk melingkari bumi) jadi perputaran bln. jadi stabil.

Bagaimanakah dengan fase regular bln. yang tampak di Bumi? Bln. senantiasa mengorbiti Bumi. Satelit itu menggunakan beberapa waktunya melingkari Bumi serta matahari. Waktu ada jarak paling jauh dari bumi, ini diberi nama bln. mati, serta ia cuma tampak segi gelapnya saja.

Sesaat saat Bumi ada nyaris segaris diantara matahari serta bln., jadi semua permukaan bln. bakal diterangi matahari. Ini diberi nama bln. purnama.

Sedang, posisi bln. ada di segi samping Bumi serta matahari, jadi cuma sepotong sinar matahari bakal menerangi bln.. Ini yang membuat bln. sabit.

3. Ada pohon di bulan
Kenyataan ini mungkin saja bikin Anda tercengang. Nyatanya, ada kian lebih 400 pohon di Bumi yang datang dari bln..

Pada th. 1971, Apollo 14 mendarat di bln. dengan membawa tiga astronot, yakni Stuart Roosa, Alan Shepard, serta Edgar Mitchell. Astronot Stuart Roosa membawa biji itu ke Bln. serta lalu di tanam di penjuru dunia. Akhirnya, benih itu tumbuh di Bumi serta dinamakan Pohon Bln..

4. Bumi yaitu saudara dari bulan
Apakah bln. yaitu satelit Bumi? Jawabannya, mungkin saja tak. Pada th. 1999, beberapa peneliti temukan asteroid yang mempunyai lebar 5 km.. Asteroid itu terjerat dalam cengkeraman gravitasi Bumi. Ini jadi lebih pas dimaksud satelit Bumi.

Asteroid yang dinamakan Cruithne itu memerlukan saat 770 th. untuk melingkari Bumi. Beberapa peneliti menyampaikan, bahwa Cruithne bakal terus melingkari Bumi sekurang-kurangnya kurun waktu 5. 000 th..

5. Banyak kawah di bulan
Beberapa peneliti temukan banyak kawah di bln.. Ini dikarenakan oleh hantaman asteroid pada 4, 1 miliar sampai 3, 8 miliar th. waktu lalu. Sisanya yang terlihat seperti kawah belum terkikis hingga sekarang ini.

Ada dua argumen menguatkan sangkaan diatas. Pertama, bln. dengan cara geologis tak aktif. Tak ada gempa bumi, gunung berapi, serta gunung seperti Bumi. Ke-2, bln. tak memiliki atmosfer. Tak ada hujan serta angin. Hingga, erosi permukaan juga amat sedikit berlangsung.

6. Bln. berupa telur
Bentuk bln. tak bulat seperti bola, namun lebih mirip telur. Waktu Anda melingkari bln., saat ada di permukaan yang kecil itu bermakna Anda ada di ujung bln.. Diluar itu, bln. juga tak ada pusat geometris.

7. Di bln. ada gempa
Waktu berkunjung ke bln., beberapa astronot memakai seismometer untuk tahu adakah gempa di bln.. Nyatanya, bln. tak betul-betul mati dengan cara geologis. Gempa kecil nyatanya berlangsung di bln.. Disangka gempa ini dikarenakan oleh gravitasi Bumi.

Beberapa peneliti memperkirakan bahwa bln. mempunyai inti panas sama sepeti Bumi. Dari data pesawat luar angkasa NASA Lunar Prospector yang mendarat di bln., temukan bahwa inti bln. nyatanya sangatlah kecil, besarnya pada 2-4 % dari massa bln..

8. Apakah bln. termasuk juga planet?
Ukuran bln. semakin besar dari Pluto, ukurannya kurang lebih seperempat dari Bumi. Sebagian peneliti memikirkan bahwa bln. lebih seperti suatu planet, merujuk pada ada kesamaan system orbit pada bln. serta Bumi. Bln. serta bumi kerap dikatakan sebagai planet ganda.

9. Bln. membuat air gunakan di laut
Dalam satu bulan, variasi harian dari rentang gunakan laut beralih dengan cara systematis ikuti siklus bln.. Gravitasi bln. sudah menarik lautan di Bumi. Air gunakan berlangsung saat Bumi berputar dibawah bln..

Satu diantaranya yaitu gunakan laut purnama yang berlangsung ketika bln. baru serta bln. purnama. Kondisi ini berlangsung saat Bumi, bln. serta Matahari ada dalam satu garis lurus. Gunakan naik mengakibatkan gelombang yang sangatlah tinggi serta gunakan surut bikin gelombang jadi sangatlah rendah.

Diluar itu, tarik menarik gravitasi pada Bumi serta bln. mempunyai dampak yang menarik. Beberapa daya perputaran Bumi yang ditarik oleh bln., mengakibatkan melambatnya perputaran Bumi, seputar 1, 5 milidetik tiap-tiap abadnya.

10. Selamat jalan, Bulan
Saat Anda membaca ini, bln. sudah bergerak menjauh dari Bumi. Benar, tiap-tiap tahunnya, bln. mengambil beberapa daya perputaran bumi serta memakainya untuk mendorong sejauh 3, 8 sentimeter lebih tinggi dari orbitnya.

Beberapa peneliti menyampaikan, saat awal terbentuknya bln., jaraknya dengan Bumi cuma sejauh 22. 530 km.. Sekarang ini, jarak pada bln. serta Bumi telah meraih 450. 000 km.. Bila gravitasi Bumi telah tak terlampau kuat, satu hari kelak, bln. bakal meninggalkan Bumi.
1 Komentar untuk "10 Fakta Mengejutkan Tentang Bulan"

ini hasil dari google translate

 
Copyright © 2014 'Alima News - All Rights Reserved
Template By. Fakhrul Saepul Anwar