'Alima News

Info unik dan menarik

10 Tips Terhindar Dari Diabetes

10 Tips Terhindar Dari Diabetes - Diabetes mellitus atau kencing manis adalah penyakit yang ditandai oleh meningkatnya kandungan gula darah (hiperglisemia) dengan cara terus-terusan, terutama sesudah makan. Ada tiga type diabetes yaitu diabetes jenis 1, diabetes jenis 2, serta gestational diabetes, tetapi yang seringkali didapati yaitu diabetes jenis 2. Diabetes mellitus tempati posisi ke-4 juga sebagai pemicu kematian manusia didunia.

10 Tips Terhindar Dari Diabetes

Diabetes berlangsung disebabkan pola hidup tak sehat seperti pola makan yg tidak sehat hingga mengakibatkan obesitas serta malas olahraga. Agar terlepas dari penyakit diabetes, di bawah ini terdapat banyak panduan yang dapat anda kerjakan, salah satunya yaitu :

1. Selalu bergerak
Kesibukan fisik bisa turunkan gula darah serta tingkatkan sensitivitas pada insulin. Riset tunjukkan bahwa latihan aerobik atau kesibukan fisik semacamnya bisa menolong mengatur diabetes. (ADA) American Diabetes Association mereferensikan untuk latihan aerobik enteng seperti senam atau tenis 1/2 jam setiap saat latihan, 5 kali per minggu. Hal ini dapat diperkuat dengan suatu riset sepanjang 16 th. oleh Harvard School of Public Health yang temukan bahwa jalan kaki sehari-hari bisa kurangi resiko diabetes jenis 2 sebesar 30%.

2. Berpindah ke gandum serta mengkonsumsi biji-bijian
Roti tawar, nasi putih, serta kentang bukan sekedar mengakibatkan lingkar pinggang jadi membesar, tetapi makanan itu juga mempunyai indeks glikemik yang tinggi, mengakibatkan lonjakan gula darah serta kandungan insulin. Beberapa pakar juga setuju bahwa karbohidrat olahan seperti tepung serta gula bisa tingkatkan resiko diabetes. Suatu riset di Cina yang melibatkan 75. 000 wanita, temukan bahwa wanita yang makanannya mempunyai indeks glikemik tinggi, berisiko 21% semakin besar terserang diabetes jenis 2 dibanding dengan mereka yang makanannya berindeks glikemik rendah.

Anda dianjurkan untuk mengontrol konsumsi karbohidrat serta berpindah ke gandum. Roti gandum, seral, serta makanan sejenisnya sangatlah baik untuk menghindar diabetes lantaran memperlambat penyerapan karbohidrat. Riset lain dari Harvard School of Public Health juga temukan bahwa mereka yang konsumsi rata-rata 2-3 jumlah biji-bijian /hari, 30% lebih kecil kemungkinannya untuk meningkatkan diabetes jenis 2 dibanding dengan mereka yang tidak sering konsumsi biji-bijian.

3. Coba cuka apel
Dua sendok makan cuka apel satu hari bisa turunkan lonjakan gula darah. Hal semacam ini berdasar pada rangkaian riset oleh Carol Johnston, Ph. D., profesor serta direktur program gizi dari Arizona State University, yang temukan bahwa cuka apel bisa turunkan gula darah. Anda dapat memberikan cuka apel pada makanan anda.

4. Mengkonsumsi kayu manis
Dalam suatu studi th. 2003, peneliti Pakistan berbarengan dengan Richard Anderson, seseorang ilmuwan dengan Departemen Pertanian AS, temukan bahwa konsumsi 1 gr kayu manis sehari-hari bisa kurangi gula darah. Meskipun riset di Amerika masih tetap sangsi masalah ini, tetapi beberapa pakar diabetes terus mereferensikan kayu manis untuk dikonsumsi.

5. Minum kopi
Suatu riset yang melibatkan 125. 000 peserta (84. 276 yaitu wanita) oleh Harvard School of Public Health tunjukkan bahwa wanita yang minum kopi sejumlah enam cangkir atau lebih /hari bisa kurangi resiko diabetes jenis 2 sebesar nyaris 30 persen, walau hal itu bisa menyebabkan resiko kesehatan yang lain. Jadi, makanlah kopi sesuai sama keperluan. Kopi kaya anti-oksidan, termasuk juga asam klorogenat serta magnesium yang bisa tingkatkan sensitivitas pada insulin.

6. Makan sayuran
Beberapa pakar tidak sama pendapat masalah makanan paling baik untuk menghindar diabetes, namun seluruhnya sepakat Anda mesti makan sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, serta biji-bijian juga. Jauhi lemak trans, bahan kimia, serta makanan olahan.

7. Ubah daging merah dengan kedelai
Daging merah memanglah adalah sumber protein, tetapi menurut suatu riset di Boston temukan bahwa makan daging merah tingkatkan resiko diabetes jenis 2 pada wanita. Oleh karenanya, ubahlah daging merah dengan kedelai. Terasa tak susah untuk temukan makanan memiliki bahan basic kedelai, lantaran pasti anda tak asing dengan tempe maupun tahu. Protein pada kedelai bisa menolong mengatur kandungan glukosa serta insulin, mengontrol berat tubuh, serta turunkan cholesterol.

8. Jauhi minuman manis
Kerap minuman yang memiliki kandungan tinggi gula sangatlah beresiko untuk kesehatan terlebih orang yang rawan pada penyakit diabetes. Beragam riset juga setuju dengan hal semacam ini. Minum kian lebih seporsi minuman manis sehari-hari berisiko untuk meningkatkan diabetes. Soda diet juga sama juga dampaknya, jadi bikin anda makin lapar serta ketagihan gula.

9. Kurangi stres
Beberapa pakar yakin bahwa stres mempunyai jalinan dengan meningkatnya gula darah hingga bisa meningkatkan resiko diabetes. Oleh karenanya, jauhi beberapa hal yang mengakibatkan anda stres. Seandainya anda tengah dirundung stres, carilah jalan keluar untuk menangani hal itu secepat-cepatnya, dapat dengan berolahraga seperti renang atau konsumsi beberapa makanan yang bisa meredakan stres.

10. Penuhi keperluan bakal vitamin D
Vitamin D, yang dapat kita peroleh dari paparan cahaya matahari, bertindak pada sensitivitas insulin serta sekresi, menghindar diabetes, serta kurangi komplikasi untuk mereka yang telah didiagnosis. Vitamin D dapat juga anda peroleh dengan konsumsi susu rendah lemak, ikan, serta suplemen vitamin D.
0 Komentar untuk "10 Tips Terhindar Dari Diabetes"

 
Copyright © 2014 'Alima News - All Rights Reserved
Template By. Fakhrul Saepul Anwar