'Alima News

Info unik dan menarik

7 Prinsip Diet Yang Harus Dipatuhi Oleh Penderita Asam Urat

7 Prinsip Diet Yang Harus Dipatuhi Oleh Penderita Asam Urat - Penyakit asam urat benar-benar sangat erat hubungannya dengan pola makan seorang. Pola makan yg tidak seimbang dengan jumlah protein yang sangatlah tinggi adalah pemicu penyakit ini.

7 Prinsip Diet Yang Harus Dipatuhi Oleh Penderita Asam Urat
Walau sekian, bukanlah bermakna pasien asam urat tak bisa konsumsi makanan yang memiliki kandungan protein. Seandainya jumlahnya dibatasi, ya tidak jadi masalah. Diluar itu, penyusunan diet yang pas untuk pasien asam urat dapat mengontrol kandungan asam serta urat dalam darah. Terkait dengan diet itu, di bawah ini sebagian prinsip diet yang perlu dipatuhi oleh penderita asam urat.

1. Membatasi konsumsi purin atau rendah purin
Pada diet normal, konsumsi purin umumnya meraih 600-1. 000 mg /hari. Tetapi, pasien asam urat mesti membatasinya jadi 120-150 mg /hari. Purin adalah salah satu sisi dari protein. Membatasi konsumsi purin bermakna juga kurangi mengkonsumsi makanan yang berprotein tinggi. Konsumsi protein yang disarankan untuk pasien asam urat seputar 50-70 gr bahan mentah /hari atau 0, 8-1 gr/kg berat tubuh/hari.

2. Konsumsi daya sesuai sama kebutuhan
Jumlah konsumsi daya mesti sesuai dengan keperluan badan berdasar pada tinggi tubuh serta berat tubuh.

3. Konsumsi semakin banyak karbohidrat
Type karbohidrat yang disarankan untuk dikonsumsi pasien asam urat yaitu karbohidrat kompleks seperti nasi, singkong, roti, serta ubi. Karbohidrat kompleks ini baiknya dikonsumsi tak kurang dari 100 gr /hari, yakni seputar 65-75% dari keperluan daya keseluruhan. Sedang karbohidrat simpel type fruktosa seperti gula, permen, arum manis, gulali, serta sirup baiknya dijauhi lantaran bakal tingkatkan kandungan asam urat dalam darah.

4. Kurangi mengkonsumsi lemak
Lemak dapat menghalangi eksresi asam urat lewat urine. Makanan yang memiliki kandungan lemak tinggi seperti jeroan, seafood, makanan yang digoreng, makanan bersantan, margarin, mentega, avokad, serta durian baiknya dijauhi. Mengkonsumsi lemak baiknya cuma 10-15% dari keperluan daya keseluruhan.

5. Konsumsi banyak cairan
Pasien rematik serta asam urat dianjurkan untuk konsumsi cairan minimal 2, 5 liter atau 10 gelas satu hari. Cairan ini dapat didapat dari air putih, teh, kopi, cairan dari buah-buahan yang memiliki kandungan banyak air seperti apel, pir, jeruk, semangkan, melon, blewah, serta belimbing.

6. Tak konsumsi minuman beralkohol
Alkohol bakal tingkatkan asam laktat plasma. Asam laktat ini dapat menghalangi pengeluaran asam urat dari badan. Karenanya, orang yang kerap konsumsi minuman mengandung alkohol mempunyai kandungan asam urat yang lebih tinggi dibanding dengan orang yg tidak mengkonsumsinya.

7. Konsumsi cukup vitamin serta mineral
Mengkonsumsi vitamin serta mineral yang cukup, sesuai sama keperluan badan akan menjaga keadaan kesehatan yang baik.
0 Komentar untuk "7 Prinsip Diet Yang Harus Dipatuhi Oleh Penderita Asam Urat"

 
Copyright © 2014 'Alima News - All Rights Reserved
Template By. Fakhrul Saepul Anwar