'Alima News

Info unik dan menarik

Tips Memilih Pasangan Hidup Dalam Islam

Tips Memilih Pasangan Hidup Dalam Islam - Rasulullah SAW telah memberikan teladan dan petunjuk tentang cara memilih pasangan hidup yang tepat dan islami. Berikut dibawah ini yaitu tips mencari pasangan hidup dalam islam, yang mungkin saja dapat berguna untuk anda, yang tengah mencari jodoh :

Tips Memilih Pasangan Hidup Dalam Islam


A. Persyaratan pilih calon istri

  1. Beragama islam (muslimah). Ini yaitu syarat yang utama dan pertama. 
  2. Mempunyai akhlak yang baik. Wanita yang berakhlak baik insya Allah bakal dapat jadi ibu serta istri yang baik. 
  3. Mempunyai basic pendidikan Islam yang baik. Wanita yang mempunyai basic pendidikan Islam yang baik bakal senantiasa berupaya untuk jadi wanita sholihah yang bakal senantiasa dijaga oleh Allah SWT. Wanita sholihah yaitu sebaik-baik perhiasan dunia. 
  4. Mempunyai karakter penyayang. Wanita yang penuh rasa cinta bakal mempunyai banyak karakter kebaikan. 
  5. Sehat dengan cara fisik. Wanita yang sehat bakal dapat menanggung beban rumah tangga serta menggerakkan keharusan juga sebagai istri serta ibu yang baik. 
  6. Disarankan mempunyai kekuatan melahirkan anak. Anak yaitu generasi penerus yang utama untuk hari esok umat. Oleh oleh karena itu, Rasulullah SAW menyarankan supaya pilih wanita yang dapat melahirkan banyak anak. 
  7. Baiknya pilih calon istri yang masih tetap gadis terlebih untuk pemuda yang belum pernah menikah. Hal semacam ini ditujukan untuk pelihara keluarga yang baru terbentuk dari persoalan lain. 

B. Persyaratan pilih calon suami


  1. Beragama Islam (muslim). Suami yaitu pembimbing istri serta keluarga agar bisa selamat didunia serta akhirat, hingga prasyarat ini mutlak diharuskan. 
  2. Mempunyai akhlak yang baik. Laki-laki yang berakhlak baik bakal dapat menuntun keluarganya ke jalan yang diridhoi Allah SWT. 
  3. Sholih serta patuh melaksanakan ibadah. Seseorang suami yaitu teladan dalam keluarga, hingga tindak tanduknya bakal ‘menular’ pada istri serta anak-anaknya. 
  4. Mempunyai pengetahuan agama Islam yang baik. Seseorang suami yang mempunyai pengetahuan Islam yang baik bakal mengerti tanggung jawabnya pada keluarga, tahu langkah memperlakukan istri, mendidik anak, menegakkan kemuliaan, serta menanggung kebutuhan-kebutuhan rumah tangga dengan cara halal serta baik. 

Juga sebagai penambahan untuk pilih calon pasangan hidup yaitu, Memprioritaskan orang jauh (dari kekerabatan) dalam perkawinan. Hal semacam ini ditujukan untuk keselamatan fisik anak keturunan dari penyakit-penyakit yang menular atau cacat dengan cara hereditas, Hingga anak tak tumbuh besar dalam situasi lemah atau mewarisi cacat ke-2 orang tuanya serta penyakit-penyakit nenek moyangnya.

C. Dalil-dalil Penting Mengenai Memilih PAsangan Hidup


  1. Dari Abu Hurairah radliyallahu ‘anhu dari Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam, beliau bersabda : “Perempuan itu dinikahi karena empat perkara, karena hartanya, keturunannya, kecantikannya, dan karena agamanya, lalu pilihlah perempuan yang beragama niscaya kamu bahagia.” (Muttafaqun ‘Alaihi)
  2. “Dan janganlah kamu nikahi wanita-wanita musyrik sebelum mereka beriman. Sesungguhnya wanita budak yang Mukmin lebih baik dari wanita musyrik, walaupun ia menarik hatimu … .” (QS. Al Baqarah : 221)
  3. “Wanita-wanita yang keji adalah untuk laki-laki yang keji, dan laki-laki yang keji adalah buat wanita-wanita yang keji (pula), dan wanita-wanita yang baik adalah untuk laki-laki yang baik, dan laki-laki yang baik adalah untuk wanita-wanita yang baik (pula) … .” (QS. An Nur : 26)
  4. “Maka wanita-wanita yang shalihah ialah yang taat kepada Allah lagi memelihara dirinya, oleh karena itu Allah memelihara mereka.” (QS. An Nisa’ : 34)
  5. “Dunia adalah perhiasan, dan sebaik-baik perhiasan dunia adalah wanita shalihah.” (HR. Muslim)
0 Komentar untuk "Tips Memilih Pasangan Hidup Dalam Islam"

 
Copyright © 2014 'Alima News - All Rights Reserved
Template By. Fakhrul Saepul Anwar